MASIGNALPHA101

Geografi - Pengertian, Aspek dan Ilmu Penunjang

Geografi - Pengertian, Aspek dan Ilmu Penunjang
23 March 2018

Geografi - Pengertian, Aspek dan Ilmu Penunjang - Suatu daerah atau wilayah akan memiliki nilai guna yang berbeda-beda antara satu orang dengan orang yang lainnya. Salah satu contohnya adalah wilayah pantai, bagi beberapa orang yang hidupnya berkecukupan, wilayah pantai akan memiliki nilai guna yang cukup tinggi. Anggapan tersebut belum tentu benar untuk orang-orang yang hidupnya di tepi pantai. Dari uraian tersebut menunjukkan bahwa konsep kegunaan dalam ilmu geografi bersifat relatif.

Pengertian Geografi

Pada hakikatnya, geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kesamaan dan perbedaan geosfer dengan sudut pandang keruangan, kelingkungan, dan kompleks wilayah. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari gejala alam dan kehidupan di muka bumi serta interaksi antara manusia dan lingkungannya dalam kaitannya dengan hubungan atau susunan keruangan dan kewilayahan.
Geografi - Pengertian, Aspek dan Ilmu Penunjang

Beberapa cabang ilmu pengetahuan yang mengkaji bumi kebanyakan menggunakan kata geo. Misalnya seperti geologi, geomorfologi, geofisika, geodesi dan geografi. Tiap-tiap cabang pengetahuan memiliki pusat perhatian atau kajian yang berbeda.

Geografi sendiri merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang bumi yang memusatkan perhatian pada gejala-gejala yang terjadi di muka bumi atau gejala geosfer. Baik itu yang menyangkut keadaan lingkungan alam maupun kehidupan di muka bumi.

Geografi berupaya menjelaskan pola keruangan gejala alam dan kehidupan serta keanekaan corak atau karakter wilayah muka bumi. Baik sebagai hasil perpaduan atau integrasi berbagai unsur lingkungan alam dan kehidupan maupun campur tangan manusia atas lingkungannya.

 Baca Juga :

Aspek Geografi

Berdasarkan batasan geografi yang dijelaskan oleh para geograf, aspek geografi dapat di rinci sebagai berikut. 

1. Pengetahuan Mengenai Gejala Alam dan Kehidupan di Muka Bumi (Gejala Geosfer)

Pengetahuan mengenai gejala alam dan kehidupan di muka bumi. Artinya geografi mengkaji atau mempelajari berbagai faktor penyebab, sekaligus mencari dan menemukan jawaban mengapa dan bagaimana terjadi gejala geosfer.

2. Interaksi Antara Manusia dan Lingkungannya

Dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya, baik kebutuhan primer maupun sekunder. Manusia pasti memanfaatkan lingkungan alam. Oleh karena itu, manusia dituntut untuk bersikap bijak agar kelestarian daya dukung alam tetap terpelihara dengan sebaik-baiknya.

3. Dalam Konteks Keruangan dan Kewilayahan

Di dalam mengkaji atau mempelajari gejala geosfer, serta interaksi manusia dengan lingkungannya. Yang diutamakan adalah persebaran gejala geosfer dalam suatu wilayah atau ruang dan interaksi manusia dengan lingkungannya.

Secara garis besar, aspek dalam ilmu geografi dibagi menjadi dua bagian yaitu geografi fisik dan geografi sosial.

1. Geografi Fisik

Geografi fisik adalah bagian dari ilmu geografi yang mempelajari peristiwa alam yang terjadi di permukaan bumi. Baik di darat, laut, maupun udara beserta gaya yang menyebabkan terjadinya peristiwa tersebut.

2. Geografi Sosial

Geografi sosial adalah bagian dari ilmu geografi yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara penduduk dan keadaan alam. Serta aktivitas dari usaha manusia dalam menyesuaikan dengan keadaan alam demi kemakmuran dan kesejahteraan hidupnya.

Gabungan antara geografi fisik dan geografi sosial akan melahirkan studi baru, yaitu geografi regional.

Ilmu Penunjang Geografi

Geografi mempunyai cakupan yang sangat luas sehingga memerlukan ilmu penunjang. Ilmu penunjang geografi meliputi sebagai berikut.

1. Geologi

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, asal kejadian, struktur, komposisi dan sejarahnya. Serta proses alamiah yang membuat perkembangannya hingga seperti sekarang ini.

2. Geomorfologi

Geomorfologi adalah studi tentang bentuk permukaan bumi dan segala proses yang menghasilkan bentuk-bentuk tersebut.

3. Oseanografi

Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari lautan, air serta gerakannya, pasang, arus, kedalaman, temperatur, kadar garam dan nilai ekonomisnya. Selain itu, oseanografi juga mempelajari tentang geologi dasar laut, batas-batas laut, tumbuhan dan binatang laut, serta hubungan antara laut dan atmosfer.

4. Hidrologi

Hidrologi adalah ilmu yang mempelajari air di permukaan dan di bawah permukaan, termasuk sungai, danau, mata air dan rawa-rawa.

5. Meteorologi

Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari atmosfer, udara, cuaca, suhu, angin, keawanan, curahan, dan radiasi matahari.

6. Klimatologi

Klimatologi adalah studi tentang kondisi rata-rata cuaca. Klimatologi mempelajari atau membahas berbagai iklim di seluruh dunia.

7. Biologi

Biologi ada ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup.

8. Botani

Botani adalah ilmu yang mempelajari tumbuh-tumbuhan, di mana atau di daerah mana tumbuhan tumbuhan tersebut dapat tumbuh dengan subur dan bagaimana persebarannya.

9. Zoologi

Zoologi adalah ilmu yang mempelajari dunia binatang. Berkaitan dengan dimana atau di daerah mana binatang tersebut hidup. Serta bagaimana binatang itu tersebar dan apa sebab binatang tersebut berpindah.

10. Demografi

Demografi adalah ilmu pengetahuan yang mengumpulkan, menyelidiki catatan catatan dan statistik penduduk untuk mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan perkembangan, kepadatan, kelahiran, kematian, perpindahan dan persebaran penduduk.

11. Ekologi

Ekologi adalah cobaan dari ilmu biologi yang mempelajari hubungan antarorganisme serta antara organisme dan lingkungan.

12. Ekonomi

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dalam mencapai kemakmuran.

13. Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang pergaulan hidup manusia, yaitu hubungan antara seseorang dengan seseorang, perorangan dengan golongan dan golongan dengan golongan. Dengan kata lain, ilmu yang mempelajari kehidupan manusia dalam masyarakat.

14. Antropologi

Antropologi adalah  ilmu yang mempelajari manusia dan kebudayaannya.

Andra Ramadhan

Tukang ngopi, makan jarang, mandi kadang-kadang, tidurpun siang.